PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat)
Author: Rini, Retno Puspita
Abstract: Upaya meningkatkan kinerja perusahaan salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam setiap kegiatan operasional perusahaan dengan tujuan meningkatkan value added yang mendukung terhadap kinerja perusahaan. Beberapa perusahaan saat ini telah menggunakan sistem pengukuran kinerja yang didasarkan pada finansial dan non finansial. Kecenderungan untuk mengkombinasikan kedua ukuran inilah yang mendorong lahirnya suatu sistem pengukuran kinerja baru yang telah dikembangkan, yaitu Balanced Scorecard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Good Corporate Governance dan kinerja perusahaan; serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced Scorecard pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perum Bulog Divre Jawa Barat. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu dengan teknik sampling jenuh, dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan penerapan good corporate governance dan kinerja perusahaan pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat memiliki nilai rata-rata jawaban responden atas pertanyaan yang diajukan sebesar 67,56% dan 67,78%. Penerapan good coporate governance dan kinerja perusahaan pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Barat termasuk dalam kategori cukup baik. Hubungan antara penerapan good corporate governance dan kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard diperoleh sebesar 0,585, artinya hubungan yang terjadi antara variabel penerapan good corporate governance dengan kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard adalah hubungan yang sedang. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 34,3% yang berarti penerapan good corporate governance memberikan pengaruh sebesar 34,3% terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard, dan sisanya 65,7% merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5675
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.98Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 517.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.80Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 214.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 133.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 116.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 245.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 417.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 684.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 74.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 78.41Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record