PENGARUH AUDIT OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Kebersihan Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AUDIT OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Kebersihan Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AUDIT OPERASIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Kebersihan Bandung)
Author: Gultom, Patricia Alvani
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai seberapa besar pengaruh audit operasional terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran biaya pada Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah audit operasional sebagai variabel independen. Sedangkan efektivitas pelaksanaan anggaran biaya sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory, dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang berhubungan langsung dengan penelitian ini yaitu karyawan di bagian Satuan Pengawas Internal dan karyawan bagian keuangan yang bekerja di PD Kebersihan Kota Bandung. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, dikarenakan jumlah sampel kurang dari 100. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 19.00. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan regresi linear sederhana diketahui bahwa audit operasional berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran biaya. Jadi semakin tinggi pelaksanaan audit operasional, maka akan meningkatkan pula efektivitas pelaksanaan anggaran biaya pada PD Kebersihan Kota Bandung. Besar audit operasional dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran biaya sebesar 84,6%, sedangkan sisanya sebesar 15,4% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5666
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.93Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 439.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 182.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 234.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 160.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 360.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 302.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 466.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 561.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 184.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record