PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN PRAKTEK KECURANGAN (Study Kasus pada PT.PLN Unit Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN PRAKTEK KECURANGAN (Study Kasus pada PT.PLN Unit Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN PRAKTEK KECURANGAN (Study Kasus pada PT.PLN Unit Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Irawan, Viga Ardhika
Abstract: Banyaknya korupsi merupakan indikasi bahwa tata kelola perusahaan kecenderungan tidak berjalan optimal, Standard Operasional Procedure (SOP) sering dilanggar, Satuan Pengawasan Intern (SPI) kurang diperdayakan, dan fungsi-fungsi Satuan Pengawasan Intern dikerdilkan oleh dewan direksi. Penelitian berjudul Peranan Audit Internal Dalam Pencegahan Kecurangan (Study Kasus pada PT.PLN Unit Distribusi Jawa Barat dan Banten), tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh audit internal terhadap praktek kecurangan pengadaan barang di PT.PLN Unit Distribusi Jawa Barat dan Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan audit internal pada PT PLN (Persero) sudah memadai. Hal ini diperkuat dengan data hasil penelitian yang dilihat dari skor per dimensinya. Adapun faktor yang mendukung kesimpulan ini diantaranya adalah Satuan Pengawas Intern di PT PLN (Persero) sejauh ini sesuai dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pelaksanaan pencegahan kecurangan pada PT PLN (Persero) dinilai efektif. Hal ini diperkuat dengan data hasil penelitian yang dilihat dari skor per dimensinya. Adapun faktor yang mendukung kesimpulan ini diantaranya adalah adanya standar pemeriksaan dalam audit kecurangan, adanya ruang lingkup audit kecurangan, serta melakukan pendekatan audit. Peranan audit internal dalam pencegahan kecurangan berdasarkan persentase yang diperoleh dan dihubungkan dengan kriteria yang telah penulis tentukan, dapat disimpulkan bahwa audit internal pada PT. Bank Danamon cukup berperan dalam menunjang pencegahan kecurangan, karena telah diperoleh persentase antara 51% - 75%. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan pada Bab II, yaitu “Audit internal berperan dalam menunjang pencegahan kecurangan”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5657
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.80Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 144.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 161.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 162.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.11Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 175.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 363.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 239.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 260.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 98.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 168.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record