PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DAN SISTEM PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DAN SISTEM PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH DAN SISTEM PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Daerah Kota Bandung)
Author: Wulansari, Pratiwi
Abstract: Kinerja instansi pemerintah banyak menjadi sorotan akhir-akhir ini, terutama sejak timbulnya iklim yang lebih demokratis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Berdasarkan temuan yang terungkap dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas LKPD Tahun 2011 ditemukan beberapa masalah, diantaranya, penatausahaan aset tetap belum tertib, penyajiannya belum didukung daftar rincian, belum ada penomoran atau kodefikasi, dan lemahnya sistem pengendalian internal atas pengelolaan dana hibah, bantuan sosial, dan bantuan keuangan yang belum didukung laporan pertanggungjawaban dari penerimanya. Atas berbagai kelemahan tersebut, maka untuk mencapai akuntabilitas kinerja intansi pemerintah, gubernur dan bupati/walikota dapat menerapkan sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem pelaporan keuangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah Kota Bandung. Objek penelitian pada skripsi ini adalah sistem pengendalian internal pemerintah, sistem pelaporan dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berupa kuesioner yang disebarkan ke 17 Dinas di Kota Bandung dan kuesioner yang disebar sebanyak 68 kuesioner. Dari 68 kuesioner yang disebar hanya 51 kuesioner yang diterima kembali dan dapat diproses dengan baik. Metode yang digunakan penulis yaitu metode eksplanatory. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem pelaporan keuangan berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah. Besarnya pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem pelaporan keuangan sebesar 67,8%, sedangkan sisanya sebesar 32,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5640
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.85Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.234Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 189.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 114.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 154.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 255.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 280.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 527.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.30Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record