PENGARUH EKSTENSIFIKASI DAN INTENSIFIKASI PAJAK REKLAME TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan dan Pengeloaan Keuangan Kabupaten Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstensifikasi dan
intensifikasi pajak reklame terhadap peningkatan pendapatan asli daerah
kabupaten bandung. Pendapatan asli daerah menggambarkan kemandirian suatu
daerah, hal ini menyebabkan daerah berupaya optimal untuk dapat meningkatkan
pendapatan asli daerah baik secara ekstensifikasi maupun intensifikasi. Pajak
reklame merupakan komponen yang cukup potensial dalam berkontribusi
terhadap pendapatan asli daerah.
Objek peneliitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah
Ekstensifikasi Pajak Reklame, Intensifikasi Pajak Reklame dan Pendapatan Asli
Daerah Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode explanatory dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan
di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Laporan
Realisasi Pendapatan Daerah dengan tahun pengamatan lima tahun dari tahun
2009 sampai dengan 2013. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier
berganda dimana pengaruh variabel-variabel diuji menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ekstensifikasi pajak
rerklame berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan asli daerah sebesar
54,3% dan intensifikasi pajak reklame berpengaruh secara signifikan terhadap
pendapatan asli daerah sebesar 47%. Sedangkan secara simultan ekstensifikasi
dan intensifikasi pajak reklame berpengaruh secara signifikan terhadap
pendapatan asli daerah sebesar 60,1%.
Description
Keywords
Ekstensifikasi Pajak, Intensifikasi Pajak, Pendapatan Asli Daerah, Extensification Tax, Intensification Tax, Local Revenue