PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAHAN (SPIP) DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAHAN (SPIP) DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAHAN (SPIP) DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Kurniasih, Nurul Apriyantini
Abstract: Otonomi Daerah menuntut Pemerintah Daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah memberikan informasi keuangan yang transparan dan akuntabel. Masih adanya hasil audit laporan keuangan daerah yang opininya disclaimer dan wajar dengan pengecualian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan daerah masih memerlukan penyempurnaan secara terus menerus. Faktor yang sangat berpotensi dalam mempengaruhi baik buruknya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah adalah sistem pengendalian internal pemerintahan dan akuntabilitas. Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, kualitas laporan pemerintah pusat dan daerah harus memenuhi karakteristik kualitatif, yaitu: relevan andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal pemerintahan dan akuntabilitas terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kota Bandung. Penelitian dilakukan pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung dengan bagian akuntansi sebagai sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai yang ada di bidang akuntansi sebanyak 30 orang dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan sistem pengendalian internal pemerintahan dan akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Besarnya pengaruh sistem pengendalian internal pemerintahan dan akuntabilitas sebesar 89,8%, sedangkan sisanya sebesar 10,13% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5637
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.21Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 6.170Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 190.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 157.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 277.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 286.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 676.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 111.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record