PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, TRANSFER PEMERINTAH PUSAT, INVESTASI PEMERINTAH DAERAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN DAERAH (Studi Empiris Pada Kota/Kabupaten Bandung Di Wilayah Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, TRANSFER PEMERINTAH PUSAT, INVESTASI PEMERINTAH DAERAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN DAERAH (Studi Empiris Pada Kota/Kabupaten Bandung Di Wilayah Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, TRANSFER PEMERINTAH PUSAT, INVESTASI PEMERINTAH DAERAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN DAERAH (Studi Empiris Pada Kota/Kabupaten Bandung Di Wilayah Provinsi Jawa Barat)
Author: Ashidiq, Moch. Amri
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan asli daerah, transfer pemerintah pusat, investasi pemerintah daerah, dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemandirian daerah, serta untuk mengetahu seberapa besar pengaruh pendapatan asli daerah, transfer pemerintah pusat, investasi pemerintah daerah, dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemandirian daerah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pendapatan asli daerah, transfer pemerintah pusat, investasi pemerintah daerah, dan pertumbuhan ekonomi. Sedangkan kemandirian daerah sebagai variabel dependen. Subjek dalam penelitian ini adalah kota/kabpaten di Wilayah Provinsi Jawa Barat periode 2008-2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 kota/kabupaten di Wilayah Provinsi Jawa Barat periode 2008-2012. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 19.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan pendapatan asli daerah, transfer pemerintah pusat, investasi pemerintah daerah, dan pertumbuhan ekonomi beperngaruh secara signifikan terhadap kemandirian daerah. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh pendapatan asli daerah memberikan konstribusi pengaruh terhadap kemandirian daerah sebesar 52,8%, transfer pemerintah pusat memberikan konstribusi pengaruh terhadap kemandirian daerah sebesar 0,7%, investasi pemerintah daerah memberikan konstribusi pengaruh terhadap kemandirian daerah sebesar 8,0%, dan pertumbuhan ekonomi memberikan konstribusi pengaruh terhadap kemandirian daerah sebesar 3,5%. Sedangkan secara simultan besar pengaruh pendapatan asli daerah, transfer pemerintah pusat, investasi pemerintah daerah, dan pertumbuhan ekonomi dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap kemandirian daerah sebesar 65,0%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5628
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.40Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.119Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.95Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 116.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 183.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 205.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 320.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 383.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 684.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 665.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.98Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 191.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record