PENGARUH PENERAPAN BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2013)
Author: Meilyandrie, Monica Intan
Abstract: CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi pasal 74 Undang-undang Perseroan Terbatas (UUPT) yang terbaru, yakni UU Nomor 40 Tahun 2007. Melalui undang-undang ini, industri wajib untuk melaksanakannya. Dengan penerapan CSR diharapkan perusahaan akan memperoleh legitimasi sosial dan akan memaksimalkan laba dalam jangka panjang. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan yang menerapkan CSR mengharapkan akan direspon positif oleh para pelaku pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian explanatory. Metode penelitian ini bertujuan menelaah kausalitas antarvariabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam teknik non random sampling adalah metode purposive sampling, yakni perusahaan perbankan yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan, laporan tahunan (annual report) dan sustainability report. Model regresi yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Metode pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya corporate social responsibility terhadap laba perusahaan berdasarkan penelitian analisis regresi sederhana dari hasil output SPSS 22.0 diperoleh dari perbandingan thitung dengan ttabel adalah H1 diterima dimana thitung (4,264) > ttabel (2,02619), dan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh biaya corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan selama kurun waktu 3 tahun.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5627
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 54.16Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 429.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 142.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 191.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.3Kb PDF View/Open
Daftar Diagram.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 230.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 282.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.026Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 507.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 148.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 206.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record