PENGARUH TAX COMPLIANCE COSTS WAJIB PAJAK BADAN DAN TAX SERVICES QUALITY TERHADAP TINDAKAN TAX EVASION (Studi Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH TAX COMPLIANCE COSTS WAJIB PAJAK BADAN DAN TAX SERVICES QUALITY TERHADAP TINDAKAN TAX EVASION (Studi Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH TAX COMPLIANCE COSTS WAJIB PAJAK BADAN DAN TAX SERVICES QUALITY TERHADAP TINDAKAN TAX EVASION (Studi Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Salam, Lia Rahmi
Abstract: Keinginan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya merupakan hal yang penting dalam penerimaan pajak. Penyebab kurangnya keinginan untuk membayar pajak diantaranya adalah besarnya tax compliance costs (biaya kepatuhan pajak) dan tax services quality (kualitas pelayanan pajak) dari para petugas pajaknya. Hal – hal tersebut dapat menyebabkan tingkat kepatuhan wajib pajak menurun sehingga akan mengarah pada tindakan tax evasion (penggelapan pajak) dan berusaha menghindar dari kewajiban perpajakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tax compliance costs wajib pajak badan dan tax services quality mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tindakan tax evasion baik secara parsial maupun simultan. Data diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Karees pada bulan Desember 2014. Sebanyak 100 kuesioner kembali dengan keadaan yang lengkap dan dapat diolah. Menurut hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknik regresi berganda, dapat dinyatakan bahwa tax compliance costs wajib pajak badan dan tax services quality secara simultan memberikan pengaruh terhadap tindakan tax evasion pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees sebesar 89%, sedangkan sisanya 11% dipengaruhi oleh vaiabel lain di luar dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tax compliance costs wajib pajak badan berpengaruh positif terhadap tindakan tax evasion, semakin besar tax compliance costs wajib pajak badan yang dikeluarkan maka tindakan tax evasion akan semakin tinggi. Disamping itu, tax services quality berpengaruh negatif terhadap tindakan tax evasion, semakin baik tax services quality petugas pajak maka akan menurunkan tindakan tax evasion.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5613
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.138Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 167.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 241.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 108.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 183.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 239.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 290.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 352.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 254.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 594.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 92.25Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 226.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record