PENGARUH MANAJEMEN LABA (EARNINGS MANAGEMENT) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012)

Widyatama Repository

PENGARUH MANAJEMEN LABA (EARNINGS MANAGEMENT) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012)

Show full item record

Title: PENGARUH MANAJEMEN LABA (EARNINGS MANAGEMENT) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012)
Author: Putri, Kusumaningtyas Hapsari
Abstract: Perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Indoenesia (BEI) memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan keuagan yang telah diaudit. Indikasi baik buruknya kondisi keuangan suatu perusahaan tercermin dari laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen perusahaan. Manajemen memiliki kewenangan untuk memilih dan menerapkan kebijakan akuntansi agar laporan keuangan memenuhi ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan Standar Penyusunan Akuntansi Keuangan (PSAK). Hal inilah yang mendorong manajemen untuk memodifikasi laporan keuangan untuk memenuhi kepentingan pribadi atau perusahaan yang dikenal dengan tindakan manajemen laba. Tingginya tingkat manajemen laba yang dilakukan suatu perusahaan menunjukkan semakin tinggi pula risiko yang akan dihadapi dan mengakibatkan return saham yang di terima oleh investor akan semakin rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan bentuk hubungan kausal (sebab-akibat). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2012. Data diambil dari laporan keuangan perusahaan tahun 2012 yang sudah di audit, data harga saham harian, dan indeks harga saham gabungan. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen laba dengan return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5612
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.31Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 4.459Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 128.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 117.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 86.33Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 68.28Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 79.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 250.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 283.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 293.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 114.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 99.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record