PENGARUH MOTIVASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus PT KAI di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH MOTIVASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus PT KAI di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH MOTIVASI DAN PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DAN KINERJA MANAJERIAL (Studi Kasus PT KAI di Kota Bandung)
Author: Wibowo, Kristian Tri Adi
Abstract: Partisipasi dalam penyusunan anggaran merupakan tingkat seberapa besar keterlibatan dan pengaruh manajer dalam proses penyusunan anggaran suatu departemen atau bagiannya baik secara periodik maupun tahunan. Dengan diterapkannya partisipasi penganggaran maka akan diperoleh kepercayaan atau suatu kenyamanan bekerja serta berkomunikasi bagi bawahan. Kinerja para karyawan akan meningkat apabila mereka terlibat secara aktif dalam proses penyusunan anggaran pada unit organisasi tempat mereka bekerja. Manajer yang memiliki partisipasi anggaran yang tinggi akan lebih memahami tujuan anggaran. Karena kinerja manajer akan dinilai berdasarkan target anggaran yang bisa dicapai, manajer akan bersungguh-sungguh dalam penyusunan anggaran dan menyebabkan meningkatnya kinerja manajer tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Pelimpahan Wewenang sebagai Variabel Moderating dalam Hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajerial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi partisipasi anggaran mampu menjelaskan variasi kinerja manajerial pada PT KAI di Kota Bandung. Variasi motivasi mampu menjelaskan variasi kinerja manajerial pada PT KAI di Kota Bandung. Variasi Pelimpahan wewenang mampu menjelaskan variasi kinerja manajerial pada PT KAI di Kota Bandung. Variasi Motivasi dan Pelimpahan wewenang secara simultan mampu menjelaskan variasi hubungan partisipasi anggaran dan kinerja manajerial pada PT KAI di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5611
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 91.06Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.677Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 207.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 35.34Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 28.23Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 164.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 280.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 795.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 385.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 139.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record