PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat )

Widyatama Repository

PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat )

Show full item record

Title: PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN INDEPENDENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat )
Author: Zein, Kartika
Abstract: Kualitas audit merupakan suatu penilaian tentang proses dalam melakukan tugas audit yang dilakukan oleh seorang auditor sehingga menghasilkan suatu laporan audit yang dinilai berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh time budget pressure terhadap kualitas auditor dengan independensi sebagai variabel intervening, pengaruh time budget pressure terhadap kualitas audit, dan pengaruh time budget pressure terhadap independensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 149 auditor. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 50 auditor. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) dengan α 0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah time budget pressure. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independensi dan time budget pressure secara parsial independensi memberikan pengaruh paling dominan terhadap kualitas audit dengan kontribusi pengaruh sebesar 33,8%, sedangkan time budget pressure memberikan pengaruh sebesar 15,2% sehingga total pengaruh yang diberikan time budget pressure dan independensi sebesar 49%. Terdapat beberapa saran yang dapat diberikan pada penelitian ini, salah satunya adalah untuk BPK RI baik yang menjadi sampel dalam penelitian ini maupun yang tidak termasuk ke dalam sampel penelitian ini perlu memperhatikan dan memperbaiki kinerjanya dalam proses audit. Meskipun dengan adanya time budget pressure, auditor harus tetap menjalankan proses audit sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara dan prosedur audit sehingga meskipun dibawah tekanan, auditor BPK tetap mampu menghasilkan kualitas audit yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5609
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1003.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 301.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 166.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 273.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 225.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 434.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 607.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 238.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record