PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, NET PROFIT MARGIN, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, NET PROFIT MARGIN, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, NET PROFIT MARGIN, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Yulyanti, Irma
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya praktik perataan laba diantaranya yaitu ukuran perusahaan, net profit margin, dan debt to equity ratio terhadap praktik perataan laba. Perataan laba adalah cara yang digunakan manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporakan agar sesuai dengan target yang diinginkan baik secara artifisial melalui metode akuntansi maupun secara real melalui transaksi. Penelitian ini menggunakan 31 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, data sekunder yang digunakan berupa laporan keuangan periode 2011-2013. Indeks Eckel digunakan untuk mengklasifikasikan perusahaan yang melakukan atau tidak melakukan praktik perataan laba. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, net profit margin, dan debt to equity ratio, baik secara simultan maupun parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba. Kesimpulannya, dari ketiga variabel independen tidak ada yang berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Variabel yang memiliki kontribusi paling dominan terhadap praktik perataan laba adalah debt to equity ratio.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5604
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.217Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 253.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 307.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 141.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 139.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 302.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 174.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 544.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 448.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 552.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 236.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record