PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENDETEKSI RISIKO TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENDETEKSI RISIKO TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENDETEKSI RISIKO TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) (Studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan)
Author: Fitriani, Indah
Abstract: Peranan audit internal dalam mencegah dan mendeteksi kecurangan sangat tergantung pada besar kecilnya status kewenangan yang dimiliki dan mekanisme pelaporan hasil investigasi kecurangan yang dapat dijalankannya, karena belum semua jajaran direksi mau memberikan kewenangan penuh dalam proses pencegahan, pendeteksian dan investigasi kecurangan pada internal auditor. Penelitian ini berjudul Peranan Audit Internal Dalam Mendeteksi Terjadinya Risiko Kecurangan (Fraud) dengan memilih studi kasus pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan audit internal pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan, mendeteksi risiko terjadinya kecurangan (fraud) pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan dan peranan audit internal dalam mendeteksi risiko terjadinya kecurangan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan sudah dilaksanakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang menyatakan setuju sebanyak 53,28%, dengan nilai rata-rata total kualifikasi dari jawaban responden sebesar 4,09 yang berada pada interval 3,40-4,19 berkategori efektif. Pendeteksian risiko terjadinya kecurangan (fraud) pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan dapat dikatakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang menyatakan setuju sebanyak 61,62% dengan nilai rata-rata total kualifikasi dari jawaban responden sebesar 3,75 yang berada pada interval 3,40-4,19 berkategori efektif. Peranan audit internal dalam mendeteksi risiko terjadinya kecurangan (fraud) pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bulungan berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh nilai sebesar 0,687, hasil uji koefisien determinasi yang mendeteksi risiko terjadinya kecurangan dipengaruhi oleh adanya audit internal yang memadai sebesar 47,20%, sedangkan sisanya sebesar 52,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Hasil penghitungan uji t, didapat thitung 6,55 dan nilai ttabel1,667 , maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu “jika audit internal dilaksanakan secara efektif, maka akan dapat mendeteksi risiko terjadinya kecurangan (fraud)”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5594
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.91Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 45.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 40.13Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.70Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.14Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 143.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 203.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 198.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.37Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 40.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record