PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung Tahun 2014)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung Tahun 2014)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey Pada Dinas Pemerintah Kota Bandung Tahun 2014)
Author: Nagari, Hilda Berliana
Abstract: Reformasi yang terjadi di Indonesia mengubah tatanan pemerintahan secara otonomi agar Pemerintah Daerah dapat memberikan pelayanan sebaikbaiknya kepada masyarakat dengan memberikan informasi keuangan yang transparan dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah teradap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada Dinas-Dinas Kota Bandung yang berjumlah 17 Dinas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 51 kuesioner dan diterima kembali sebanyak 51 kuesioner. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Selain itu secara simultan atau secara bersama-sama kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Kota Bandung. Besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi keuangan daerah sebesar 44,5% sedangkan sisanya sebesar 55,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5591
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 3.239Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.97Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 236.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 376.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 208.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 183.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 81.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.51Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 138.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.32Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.63Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record