PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN KOMODITI KARET (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN KOMODITI KARET (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN KOMODITI KARET (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero)
Author: Taufiqurachman, Frisky
Abstract: Sebagai negara yang melakukan penjualan komoditi karet, Indonesia memiliki banyak pelaku usaha yang menggeluti bidang ini. Banyak terdapatnya pelaku usaha dalam industri komoditi karet akan membuat kondisi persaingan yang semakin meningkat. Untuk memenangkan persaingan, manajemen perusahaan perlu menjalankan fungsinya antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian terhadap kegiatan perusahaan termasuk di dalamnya adalah pengendalian penjualan, hal tersebut diperlukan untuk menilai akivitas penjualan yang dilakukan apakah telah sesuai dengan prosedur atau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sehingga membutuhkan tindakan koreksi. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan memerlukan suatu bagian yang bersifat independen untuk menilai secara objektif semua aktivitas perusahaan, juga memberikan rekomendasi kepada pimpinan perusahaan atas informasi yang diperoleh mengenai keakuratan data dan efektivitas pengendalian intern penjualan yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan komoditi karet di PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero). Tujuannya adalah untuk mengetahui kememadaian audit internal di PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero), mengetahui efektivitas pengendalian internal di PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero), dan peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern di PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero). Untuk mengetahui seberapa besar peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan di PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero), penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai metode yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti berdasarkan fakta-fakta yang ada, dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis berbagai macam data sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Sedangkan pendekatan studi kasus adalah bentuk pendekatan penelitian mendalam yang dapat digunakan untuk meneliti setiap aspek atau keadaan sosial termasuk manusia di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan, dapat diketahui “Kememadaian Audit Internal” sebesar 77,42% dan “Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan” sebesar 85,41% sehingga audit internal sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan, hal ini tercermin dari pengendalian internal penjualan sebagai kebijakan manajemen yang telah dilaksanakan dengan baik. Maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa audit internal yang dilaksanakan oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) telah memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5579
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 2.559Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 248.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 214.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 44.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 98.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 98.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 134.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 231.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 313.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 284.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.83Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record