PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, MARKET TO BOOK VALUE RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, MARKET TO BOOK VALUE RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE, MARKET TO BOOK VALUE RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2013)
Author: Aldy, Fikri
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, market to book value ratio, dan ukuran perusahaan terhadap dividend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013. Profitabilitas dalam penelitian ini diukur menggunakan return on equity (ROE). Likuiditas dalam penelitian ini diukur menggunakan cash ratio. Leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan rasio debt to equity ratio (DER). Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013 sebanyak 32 sampel perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Pengambilan kesimpulan atas hipotesis dilakukan dengan mengamati nilai koefisien determinasi dan regresi, dengan mempertimbangkan hasil uji signifikansi yaitu Uji-F dan Uji-t pada taraf signifikansi 5 persen, melakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel profitabilitas, likuiditas, leverage, market to book value ratio, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio. Secara parsial variabel profitabilitas dan market to book value ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend payout ratio. Secara parsial variabel leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap dividend payout ratio. Secara parsial variabel likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5578
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 17.97Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 238.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 134.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 117.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 192.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 533.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 384.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 663.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 39.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record