PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ERM (Enterprise Risk Management) (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kantor Pusat Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ERM (Enterprise Risk Management) (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kantor Pusat Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ERM (Enterprise Risk Management) (Studi Kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kantor Pusat Bandung)
Author: Sujono, Fariz Bagus
Abstract: Dalam suatu perusahaan akan menghadapi berbagai risiko yang dapat mempengaruhi pencapain tujuan perusahaannya. Maka diperlukan adanya ERM yang merupakan proses yang dapat diberlakukan di seluruh perusahaan untuk mengidentifikasi berbagai risiko tersebut. Proses ini memerlukan adanya auditor internal untuk mengevaluasi proses tersebut. Penelitian ini berjudul Peranan Audit Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas ERM pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaaan audit internal, efektivitas ERM dan peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas ERM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitin ini menunjukan Pelaksanaan audit internal pada pada PT. Telkom sudah memadai. Hal ini diperkuat dengan data hasil penelitian yang dilihat dari skor per dimensinya. Adapun faktor yang mendukung kesimpulan ini diantaranya adalah Satuan Pengawas Intern di PT. Telkom sejauh ini sesuai dengan Peraturan Bapepam-LK No.IX.1.5 dan Peraturan Pencatatan No.1A yang dikeluarkan oleh BEI. Pelaksanaan manajemen risiko di PT. Telkom sendiri telah menerapkan manajemen risiko yang mengacu pada kerangka kerja COSO Enterprise Risk Management. Peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas ERM berdasarkan persentase yang diperoleh dan dihubungkan dengan kriteria yang telah penulis tentukan, dapat disimpulkan bahwa audit internal pada Telkom cukup berperan dalam meningkatkan efektivitas ERM, karena telah diperoleh persentase antara 51% - 75%. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan pada Bab I, yaitu “ Audit internal yang memadai dapat meningkatkan efektivitas ERM (Enterprise Risk Management)”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5575
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 220.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 124.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 96.54Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 106.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 80.14Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 75.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 65.52Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 139.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 386.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 192.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 210.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 97.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record