PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk Bandung)
Author: Anshari, Fajrin Reza
Abstract: Penyebab terjadinya krisis ekonomi di Asia tenggara salah satunya disebabkan oleh lemahnya penerapan Good Corporate Governance, Indonesia menempati peringkat paling terakhir dari 11 Negara yang telah menerapkan Good Corporate Governance. Hal ini desebabkan karena minimnya peraturan mengenai hak dan kewajiban pihak-pihak yang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan, masih banyaknya perusahaan yang belum akurat dalam penyampaian laporan keuangannya. Hal ini memungkinkan timbulnya kecurangan seperti korupsi semakin marak. Dengan kejadian ini berarti laporan keuangan pada perusahaan tersebut masih belum dikatakan andal. Maka dari itu dengan penerapan Good Corporate Governance yang berdasarkan prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran diharapkan akan menciptakan insentif internal yang efektif bagi manajemen perusahaan sehingga mendorong terbentuknya kepercayaan investor dan Laporan keuangan dapat dikatakan andal. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda dengan pendekatan survey, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance Terhadap Keandalan Laporan Keuangan. Penelitian ini dilakukan pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk Bandung. Hasil penelitian menunjukan dengan tingkat signifikansi 5% bahwa pengaruh penerapan prinsip-prinsip good corporate governance berpengaruh terhadap Keandalan Laporan Keuangan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,7% dan sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis didapat nilai thitung = 5,791 > ttabel. = 2,02439, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu “pengaruh penerapan prinsip-prinsip good corporate governance mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Keandalan Laporan Keuangan di PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5571
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.37Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.381Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 271.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 263.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 117.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 560.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 454.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 463.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 828.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 117.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 199.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record