PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Survey pada SKPD Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Survey pada SKPD Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH (SAP) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Survey pada SKPD Provinsi Jawa Barat)
Author: Khomsani, Ermawati Farida
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan dan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa tidak semua pegawai di pemerintahan memahami sistem akuntansi keuangan dan standar akuntansi pemerintah yg diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatory. Penelitian bermaksud menjelaskan kedudukan antar variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antar satu variabel dengan yang lain dengan pendekatan survey. Responden terdiri dari 100 orang yang diolah secara statistik dengan menggunakan SPSS 20,00. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan pengaruh positif antara penerapan sistem akuntansi keuangan terhadap kualitas laporan keuangan yaitu sebesar 39,67% dan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 11,03%. Belum berkualitasnya laporan keuangan disebabkan oleh belum memahami mengenai prosedur akuntansi selain kas dan belum memahami mengenai pengakuan aset tetap berdasarkan masa manfaat ekonominya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5568
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.58Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.488Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 57.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 61.12Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.53Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.92Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 73.48Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 129.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 199.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 446.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.23Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.47Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record