PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero) Bandung)
Author: Fridaniaty, Dita Nur
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme auditor internal, mengetahui pendeteksian kecurangan, dan mengetahui pengaruh profesionalisme auditor internal terhadap pendeteksian kecurangan pada PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero) Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecurangan yang sering terjadi pada perusahan-perusahaan BUMN di Indonesia. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada 25 auditor internal. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode kuisioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Dalam memperoleh data yang diperlukan, penyusunan skripsi ini menggunakan teknik penelitian yang dikembangakan menjadi pernyataan tertutup dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat adanya hubungan yang kuat antara profesionalisme auditor internal terhadap pendeteksian kecurangan dengan perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,756 dan koefisien korelasi determinasinya sebesar 52,40%. Dari perhitungan statistik uji t, dapat dilihat bahwa thitung = 5,239 lebih besar dari ttabel = 1,714. Ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima, artinya profesionalisme auditor internal berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara profesionalisme auditor internal terhadap pendeteksian kecurangan. Dan besarnya pengaruh profesionalisme auditor internal terhadap pendeteksian kecurangan sebesar 52,40%, sedangkan sisanya 47,60% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5559
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 98.57Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 836.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 157.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 152.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 203.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 225.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 405.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 541.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 152.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 108.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record