PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintahan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintahan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintahan Provinsi Jawa Barat)
Author: Rachmawaty, Dinie
Abstract: Pembuatan laporan keuangan adalah suatu bentuk kebutuhan transparansi yang merupakan syarat pendukung adanya akuntabilitas yang berupa keterbukaan (openness) pemerintah atas aktivitas pengelolaan sumber daya publik. Pemerintah berkewajiban untuk memberikan informasi keuangan yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik oleh pihak–pihak berkepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menjelaskan pengaruh akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan pemerintah daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori yaitu metode penelitian yang menggambarkan hubungan antara dua variable atau lebih, dimana satu variable ditentukan oleh efek dari variabel lain (Cooper & Schindler, 2006:143). Objek penelitian ini adalah akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah, transparansi laporan keuangan pemerintah daerah, dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan pemerintah daerah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Adapun saran yang diajukan penulis bahwa hendaknya Pemerintahan Provinsi Jawa Barat mempertahankan dan meningkatkan lagi akuntabilitas laporan keuangan pemerintah daerah dan memperbaiki transrapansi prosesnya menjadi lebih baik lagi dengan cara menyediakan informasi-informasi yang lebih rinci mengenai sistem informasi akuntansi, sistem informasi manajemen, dan prosedur administrasi serta harus ada komunikasi dengan publik agar dapat mengetahui opini-opini masyarakat mengenai kinerja yang telah dilaksanakan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5558
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 125.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 228.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 122.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 84.66Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 74.58Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 71.45Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 65.77Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 128.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 396.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 359Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 661.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.78Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 102.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record