PENGARUH KODE ETIK PROFESI AUDITOR INTERNAL DAN STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL TERHADAP MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus Pada Bank Jabar Banten (BJB) Pusat Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kode etik profesi auditor internal dan standar profesi auditor internal terhadap manajemen risiko. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kode etik profesi auditor internal dan standar profesi auditor internal sebagai variabel independen. Sedangkan manajemen risiko sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini auditor internal di Bank Jabar Banten. Teknik pemilihan sampel yaitu teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh, dengan jumlah responden dalam penelitian yaitu 30 responden dari divisi audit internal pada Bank Jawa Barat dan Banten. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciencess (SPSS) Ver.20.00. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial kode etik profesi auditor internal dan standar profesi auditor internal berpengaruh terhadap manajemen risiko. Sedangkan secara simultan atau secara bersama-sama kode etik profesi auditor internal dan standar profesi auditor internal berpengaruh terhadap manajemen risiko.
Description
Keywords
Kode Etik, Standar Profesi, Auditor Internal, Manajemen Risiko, Code of Ethics, Professional Standard, Internal Auditor, Risk Management
Citation