PENGARUH ADOPSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS) TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH ADOPSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS) TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH ADOPSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS) TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013)
Author: Septirianti, Clarisa Tresa
Abstract: Isu adopsi IFRS sebagai suatu standar dapat mendorong penurunan manajemen laba. Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh adopsi IFRS terhadap manajemen laba dan menguji tingkat manajemen laba antara sebelum dan sesudah adopsi IFRS. Objek penelitian adalah perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di BEI selama 4 tahun (2010-2013). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel utama dalam penelitian ini adalah Adopsi IFRS dan manajemen laba. Penelitian ini juga memasukan beberapa variabel kontrol, yaitu: size, financial leverage, market to book ratios, dan equity holding by institutional investors. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan analisis uji t-test Paired Two Samples. Hasil penelitian menunjukan bahwa di antara keempat variabel kontrol tersebut, size dan institutional investors menunjukkan pengaruh positif terhadap manajemen laba. Financial leverage dan market to book value menunjukkan pengaruh negatif terhadap manajemen laba. Dalam penelitian ini, secara parsial adopsi IFRS ternyata ditemukan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba tetapi, secara simultan adopsi IFRS bersama-sama dengan variabel kontrol, yaitu size, financial leverage, marketto- book ratios, dan equity holding by institutional investors berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Hasil analisis uji t-test Paired Two Samples yang dilakukan juga menunjukan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan tingkat manajemen laba yang signifikan antara sebelum dan sesudah adopsi IFRS. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan secara parsial bahwa adopsi IFRS tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Namun secara simultan adopsi IFRS bersama-sama dengan variabel kontrol, yaitu size, financial leverage, market-to-book ratios, dan equity holding by institutional investors berpengaruh terhadap manajemen laba. Adopsi IFRS pun belum menjamin adanya penurunan manajemen laba, atau adopsi IFRS kurang mempengaruhi kenaikan dan penurunan manajemen laba perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5548
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.42Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 7.213Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 233.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 252.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 594.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 555.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 552.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 167.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record