PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN ROTASI AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Beberapa KAP di Kota Bandung, Jakarta, dan Cirebon)

Widyatama Repository

PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN ROTASI AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Beberapa KAP di Kota Bandung, Jakarta, dan Cirebon)

Show full item record

Title: PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN ROTASI AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi pada Beberapa KAP di Kota Bandung, Jakarta, dan Cirebon)
Author: Sundari, Asti
Abstract: Skandal keuangan dan kasus pelanggaran yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi perhatian dunia yang menimbulkan pertanyaan apakah perusahaan telah memberikan jasa audit yang memiliki kualitas audit yang tinggi. Skandal keuangan dan kasus pelanggaran tersebut yang telah menyebabkan penurunan kepercayaan publik terhadap kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik, yang mengakibatkan integritas dan objektivitas dipertanyakan dari akuntan publik sebagai pihak yang mengaudit laporan keuangan perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas audit, independensi akuntan publik dan pergantian kantor akuntan publik maupun auditor dapat menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh independensi auditor dan rotasi audit terhadap kualitas audit. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatory. Responden dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada kantor akuntan publik di kota Bandung, Jakarta, dan Cirebon. Teknik sampling menggunakan convenience sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan regresi berganda. Dari hasil pengolahan Regresi Berganda pada kualitas audit diketahui bahwa koefisien determinasi Adjusted R2 = 0,537. Artinya variabel independen (independensi auditor dan rotasi audit) mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen (kualitas audit) adalah sebesar 53,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan independensi auditor dan rotasi audit berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5540
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.36Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.212Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 153.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 285.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.59Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 303.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 326.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 501.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 526.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 246.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record