PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK ATAS SURAT KETETAPAN PAJAK DAN TINDAKAN PENAGIHAN AKTIF TERHADAP TUNGGAKAN PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK ATAS SURAT KETETAPAN PAJAK DAN TINDAKAN PENAGIHAN AKTIF TERHADAP TUNGGAKAN PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK ATAS SURAT KETETAPAN PAJAK DAN TINDAKAN PENAGIHAN AKTIF TERHADAP TUNGGAKAN PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Oktaviani, Annisa
Abstract: Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak merupakan posisi strategis dalam meningkatkan penerimaan pajak. Namun pada kenyataannya, berdasarkan hasil pemeriksaan pajak masih banyak wajib pajak yang tidak memiliki kesadaran untuk membayar pajak sehingga mengakibatkan besarnya jumlah tunggakan pajak. Maka dilakukanlah penagihan pajak untuk menagih tunggakan pajak yang dimiliki wajib pajak. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh pemeriksaan pajak atas surat ketetapan pajak terhadap tunggakan pajak pada KPP Pratama Bandung Karees, (2) bagaimana pengaruh tindakan penagihan aktif terhadap tunggakan pajak pada KPP Pratama Bandung Karees, dan (3) apakah pemeriksaan pajak atas surat ketetapan pajak dan tindakan penagihan aktif berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap tunggakan pajak pada KPP Pratama Bandung Karees Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksplanatori. Pengumpulan data sekunder diperoleh melalui instansi yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu seksi pemeriksaan dan seksi penagihan. Data yang dihasilkan dianalisis secara deskriptif dan statistic, dengan menggunakan analisis regresi, koefisien korelasi, determinasi dan pengujian hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemeriksaan pajak atas surat ketetapan pajak (SKP) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tunggakan pajak dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 31,6%. Sedangkan penagihan aktif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tunggakan pajak, hal ini dilihat dari indikator penagihan pajak yaitu surat paksa dan surat perintah melaksanakan penyitaan (SPMP) masing-masing memiliki nilai t hitung < t tabel. Secara simultan pemeriksaan pajak atas surat ketetapan pajak dan tindakan penagihan aktif berpengaruh signifikan terhadap tunggakan pajak dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 31,9%, sedangkan sebanyak 68,1% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti. . Hasil hipotesis diperoleh dari perbandingan Fhitung dengan Ftabel adalah H0 ditolak karena : Fhitung 6,880 > Ftabel (2,816). Hal ini berarti Pemeriksaan Pajak atas Surat Ketetapan Pajak dan Tindakan Penagihan Aktif berpengaruh terhadap Tunggakan Pajak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5535
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.43Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.088Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 158.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 263.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 163.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 160.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 277.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 241.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 434.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 621.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 183.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record