PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN BIAYA KEPATUHAN (COMPLIANCE COST) TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN BIAYA KEPATUHAN (COMPLIANCE COST) TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK DAN BIAYA KEPATUHAN (COMPLIANCE COST) TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees)
Author: Anggadewi, Anissa
Abstract: Perubahan sistem pemungutan pajak di Indonesia menjadi self assessment system menuntut Wajib Pajak untuk dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya sendiri, mulai dari menghitung, memperhitungkan, membayar dan melaporkan pajak terutangnya. Dengan masih adanya masyarakat yang tidak mendaftarkan dirinya sebagai Wajib Pajak, dan dengan sedikitnya Wajib Pajak yang melaporkan pajak terutangnya dengan menggunakan Surat Pemberitahuan (SPT) menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan Wajib Pajak masih perlu diupayakan untuk ditingkatkan secara terus menerus. Faktor yang berpotensi untuk meningkatkan tingkat kepatuhan Wajib Pajak itu adalah pemahaman pajak yang Wajib Pajak miliki, dan biaya kepatuhan yang harus dikeluarkan oleh Wajib Pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak dan biaya kepatuhan (compliance cost) terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Karees dengan Wajib Pajak Orang Pribadi yang menjadi sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang Wajib Pajak Orang Pribadi dan seluruh kuesioner dapat diterima kembali untuk diolah. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Setelah data dikumpulkan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan pemahaman pajak dan biaya kepatuhan (compliance cost) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Besarnya pengaruh pemahaman pajak dan biaya kepatuhan adalah sebesar 74,1%, sedangkan sisanya sebesar 25,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5534
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.40Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 257.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 117.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 97.92Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 92.54Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 90.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 65.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 64.32Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 160.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 295.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 233.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 465.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 83.24Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record