PENGARUH PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Widyatama Repository

PENGARUH PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)

Show full item record

Title: PENGARUH PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying)
Author: Dodih, Anisha
Abstract: Undang-undang perpajakan di Indonesia saat ini menganut self assessment system yaitu sistem di mana wajib pajak diberi kepercayaan oleh undang-undang untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri jumlah pajak terutang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Dalam pelaksanaannya sistem pemungutan pajak dengan self assessment system ini mengandung banyak kelemahan, salah satunya sistem ini sering digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan berbagai kelalaian, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar “Pengaruh Pelaksanaan Pemeriksaan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi”. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying. Populasi sekaligus unit analisis dalam penelitian ini adalah pemeriksa pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeuying. Unit analisis pada penelitian ini adalah 30 responden. Hasil penghitungan koefisien korelasi variabel pelaksanaan pemeriksaan pajak dengan variabel tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi sebesar 0,452 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel ”sedang”. Hasil penghitungan persamaan Regresi Linier Sederhana dapat diinterpretasikan bahwa nilai koefisien regresi adalah positif, artinya bahwa hubungan kedua variabel bersifat searah. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung> ttabel (2,685 > 2,048) yang berarti H0 ditolak Ha diterima yang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemeriksaan pajak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Selanjutnya dari hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi dipengaruhi pelaksanaan pemeriksaan pajak sebesar 20,5% dan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5532
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 90.93Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 371.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 125.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 98.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 96.86Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 71.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 49.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 140.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 193.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 256.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 313.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 98.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record