PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013)
Author: Octaviani, Afifah Nur
Abstract: Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah gagasan bahwa perusahaan kini tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab dari segi ekonomi, tetapi juga dihadapkan pada tanggung jawab dari segi sosial dan lingkungan. Pengungkapan CSR merupakan proses pengkomunikasian dampak social dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi kepada para stakeholder dan shareholder. Masih rendahnya pengungkapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya program CSR masih perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR dalam laporan tahunan adalah kondisi keuangan perusahaan, yaitu profitabilitas dan leverage (Nor Hadi, 2011:57; Hackstondan Milne, 1996; Ali Darwin, 2009; HendraGunawan, 2011; Munawir,2004:31). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2013. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 perusahaan pada tahun 2009-2013 yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Data dari laporan tahunan yang digunakan, diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Profitabilitas dalam penelitian ini diukur menggunakan rasio return on investment (ROI), leverage diukur menggunakan rasio debt to equity ratio (DER), dan pengungkapan CSR diukur menggunakan kategori pengungkapan CSR berdasarkan The Global Reporting Initiative yaitu GRI Index Versi 3.0 (2006). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR, dengan kontribusi pengaruh sebesar 50,5% dan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, profitabilitas tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan, leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5525
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 73.94Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 2.498Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 151.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 168.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 310.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 267.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 440.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 115.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 155.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record