PERANAN PEMERIKSAAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BANDUNG (studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PEMERIKSAAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BANDUNG (studi kasus pada PDAM Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PEMERIKSAAN INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN AKTIVA TETAP PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BANDUNG (studi kasus pada PDAM Kota Bandung)
Author: Trimaryadi, Tintus
Abstract: Dalam menjalankan seluruh kegiatan operasionalnya, suatu perusahaan membutuhkan dan tidak pernah lepas dari peran aktiva tetap. Aktiva tetap merupakan salah satu asset dari suatu perusahaan yang memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun dan memiliki nilai materialitas yang besar. Pada PDAM Kota Bandung, aktiva tetap merupakan salah satu asset dengan nilai materialitas yang sangat besar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pengendalian atas aktiva tetap guna menjaga dan mengamankan aktiva tetap dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, baik kesalahan pencatatan pencatatan maupun kebijakan yang dibuat atas aktiva tetap itu sendiri. Namun adakalanya, pengendalian yang telah dibuat, dalam pelaksanaannya tidak dilaksanakan dengan semestinya. Guna menjaga dan memastikan bahwa pengendalian internal atas aktiva tetap dilaksanakan dengan semestinya, dibutuhkan suatu bagian tersendiri yang independen dan professional dari suatu perusahaan, dalam hal ini adalah pemeriksa internal (internal auditor), untuk mengawasi dan memberikan saran perbaikan dari penerapan pengendalian intern atas aktiva tetap yang dijalankan. Penulis melakukan penelitian dengan judul “Peranan Pemeriksaan Internal Terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Aktiva Tetap Pada PDAM Kota Bandung” Untuk dapat menyusun skripsi ini, dibutuhkan data dan informasi yang sesuai dengan sifat permasalahan agar data yang diperoleh cukup lengkap dapat digunakan sebagai dasar dalam membahas masalah yang ada. Dalam penelitian dan penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu penylidikan dengan cara mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan sebenarnya serta memberikan gambaran mengenai masalah-masalah yang ada. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu dengan melakukan penelitian kepustakaan (library research), dan penelitian lapangan (field research). Responden dari penelitian ini adalah Kepala Satuan Pengawas Intern, Kepala Pembukuan, Kepala Seksi Gudang, Kepala Bagian Perbekalan dan Perawatan, Kepala Seksi Pembukuan Umum Berdasarkan hasil penelitian dan jawaban kuisioner yang penulis peroleh ternyata sebagian besar menjawab “Ya” dengan angka persentase sebesar 88,9%. Angka tersebut berada diantara 76-100%, ini menunjukkan pemeriksaan internal PDAM Kota Bandung berperan terhadap pengendalian intern atas aktiva tetap. Dengan demikian, hipotesis yang penulis kemukakan dalam Bab I yaitu Pelaksanaan pemeriksaan intern atas aktiva tetap berperan terhadap keefektifan pengendalian intern aktiva tetap dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5518
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 68.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.45Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.38Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.91Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 88.55Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 78.89Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 89.69Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.43Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record