PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGGAJIAN (Studi Kasus Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia)
Author: Tohang, Hendra
Abstract: Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting perusahaan dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan. Salah satu aktivitas perusahaan yaitu pemberian gaji kepada pegawai sebagai balas jasa perusahaan. Pemberian jasa ini meliputi proses yang dalam pelaksanaannya butuh suatu pengendalian yang memadai agar tidak terjadi suatu penyimpangan. Biaya gaji merupakan suatu masalah yang sangat penting, biaya gaji merupakan biaya yang membutuhkan jumlah yang cukup besar dibandingkan yang lain. Sehingga pengendalian internal sangat dibutuhkan pada saat pelaksanaan guna menghindari kecurangan atau penggandaan yang dilakukan oleh pegawai. Bertolak dari uraian diatas, penulis membahas mengenai bagaimana pengendalian internal atas penggajian yang dilaksanakan perusahaan, sampai sejauh mana pelaksanaan audit internal tersebut dan bagaimana peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian. Penulis melakukan penelitian pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PT. INTI) yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan metode studi kasus. Penulis mencoba untuk menyusun, mengolah, menganalisis serta menginterpretasikan fakta yang dapat guna menjawab dan mengetahui bagaimana peranan audit dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Atas dasar data yang berhasil dkumpulkan, penulis dapat menarik kesimpulan yaitu audit internal pada PT. INTI telah dilakukan dengan memadai dan demikian pula dengan pengendalian internal atas penggajian pada PT. INTI telah dilaksanakan dengan efektif. Oleh karena itu, audit internal pada PT. INTI cukup berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penggajian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5511
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.21Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.00Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.75Kb PDF View/Open
kata Pengantar.pdf 11.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.27Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.01Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.58Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.48Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 120.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 97.16Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 150.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.20Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record