FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN AUDITOR DALAM MENGUMPULKAN BUKTI AUDIT ATAS KUALITAS AUDIT TERHADAP SALES AND COLLECTION CYCLE (Pada Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung)

Widyatama Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN AUDITOR DALAM MENGUMPULKAN BUKTI AUDIT ATAS KUALITAS AUDIT TERHADAP SALES AND COLLECTION CYCLE (Pada Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung)

Show full item record

Title: FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN AUDITOR DALAM MENGUMPULKAN BUKTI AUDIT ATAS KUALITAS AUDIT TERHADAP SALES AND COLLECTION CYCLE (Pada Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung)
Author: Christiana, Astia
Abstract: Manajemen membutuhkan jasa pihak ketiga agar laporan keuangan yang disajikan dapat dipercaya, pihak luar perusahaan membutuhkan jasa pihak ketiga untuk memperoleh keyakinan bahwa laporan keuangan yng disajikan manajemen dapat dipercaya. Keadaan inilah yang menyebabkan timbulnya kebutuhan jasa eksternal auditor. Auditor harus memberikan informasi keuangan yang diauditnya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Sebagai dasar memberikan pendapat atas laporan keuangan auditan, auditor mengumpulkan bukti audit. Dalam mengumpulkan bukti audit khususnya audit atas sales and collection cycle, auditor perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang mendukung pengumpulan bukti audit atas sales and collection cycle. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan auditor dalam mengumpulkan bukti audit atas sales and collection cycle, serta mengetahui faktor paling dominan yang dipertimbangkan auditor dalam mengumpulkan bukti audit atas kualitas audit terhadap sales and collection cycle. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analitis yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengumpulkan, menyajikan, menganalisis data dan menarik kesimpulan mengenai objek yang akan diteliti berdasarkan fakta yang terdapat dalam perusahaan sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima faktor yang dipertimbangkan auditor dalam mengumpulkan bukti audit atas sales and collection cycle, yaitu : faktor biaya dalam mengumpulkan bukti audit atas sales and collection cycle (28,26%); faktor waktu yang dipertimbangkan dalam mengumpulkan bukti audit atas sales and collection cycle (27,00%); faktor penyedia data yang ii independen (27,00%); faktor pengendalian internal klien yang efektif (68,84%); serta faktor pengetahuan sendiri yang diperoleh auditor (79,78). Sedangkan faktor paling dominan yang dipertimbangkan adalah pengendalian internal klien yang efektif (68,84%). Penulis menduga ada faktor lain yang dipertimbangkan yaitu faktor kualifikasi penyedia informasi (!!,73%), akan tetapi berdasarkan hasil penelitian faktor tersebut tidak dapat dipertimbangkan auditor dalam mengumpulkan bukti audit atas sales and collection cycle. Dari hasil penelitian diketahui faktor penilaian kualitas auditor atas sales and collection cycle, sebagai berikut : auditor dalam melakukan tugas audit (27,01%); standar-standar dalam kualitas audit (26,70%); penilaian kualitas audit atas sales and collection cycle (27,78%); penerapan konsep materialitas, resiko dan strategi audit awal dalam kualitas audit (28,30%); serta pemahaman struktur pengendalian intern dalam kualitas audit (27,62%).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5506
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 38.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.39Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.98Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.32Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.77Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.75Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 39.99Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 88.06Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.28Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record