PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PELAYANAN JASA RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENDAPATAN RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PELAYANAN JASA RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENDAPATAN RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PELAYANAN JASA RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENDAPATAN RUMAH SAKIT (Studi Kasus pada Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung)
Author: Halim, Ndaru
Abstract: Dalam era globalisasi dewasa ini, sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang jasa kesehatan mengalami perkembangan yang pesat, demikian pula aktivitas yang ada dalam perusahaan jasa kesehatan semakin komplek dan rumit. Hal ini yang menyebabkan pimpinan rumah sakit tidak mengevaluasi bawahannya secara langsung. Diantara aktivitas yang ada, aktivitas yang berhubungan dengan pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap merupakan aktivitas yang penting, yang harus mendapat perhatian dari pihak manajemen rumah sakit dalam pengelolaannya, karena pendapatan terbesar rumah sakit diperoleh dari hal tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis memilih RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. HASAN SADIKIN sebagai objek penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah mengenai peranan sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan rumah sakit. Hal ini mengingat transaksi pendapatan pada RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. HASAN SADIKIN terjadi dalam jumlah yang cukup besar sehingga diperlukan suatu pengendalian internal yang efektif. Tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan, rawat inap dan pengendalian internal pendapatan. Serta untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, dan daftar pertanyaan mengenai objek penelitian yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pelayanan jasa rawat jalan dan rawat inap pada RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. HASAN SADIKIN telah dilaksanakan secara sangat memadai sehingga sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pendapatan rumah sakit. Dengan demikian maka hipotesis yang penulis ajukan telah terbukti dan dapat diterima. Hal ini dibuktikan dengan adanya struktur organisasi yang memadai, telah ditetapkannya prosedur-prosedur pelayanan jasa perawatan yang memadai, dan catatan akuntansi yang memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5497
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 65.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 72.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 98.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 123.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 274.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 273.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 291.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 97.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 85.78Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record