ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA UNTUK MENILAI RASIO LIKUIDITAS DALAM RANGKA MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Rokok yang go public yangTerdaftar di BEI)

Widyatama Repository

ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA UNTUK MENILAI RASIO LIKUIDITAS DALAM RANGKA MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Rokok yang go public yangTerdaftar di BEI)

Show full item record

Title: ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA UNTUK MENILAI RASIO LIKUIDITAS DALAM RANGKA MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Industri Rokok yang go public yangTerdaftar di BEI)
Author: Suryanegara, Lendhi
Abstract: Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat dimasa sekarang, banyak terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kekayaan, kewajiban, dan modal yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis sumber dan penggunaan modal kerja perusahaan, mengetahui tingkat likuiditas perusahaan serta untuk mengetahui hasil hubungan sumber dan penggunaan modal kerja terhadap tingkat likuiditas perusahaan. Pembahasan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif analitis yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu data yang ada kemudian dianalisis serta dibandingkan dengan teori yang ada dan diinterpretasikan penerapannya, sehingga dapat memberikan informasi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Dengan jenis penelitian studi survei yang diperoleh data dari perusahan industri rokok yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2004-2006. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa perbandingan laporan keuangan dan rasio likuiditas. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah kondisi likuiditas selama tiga periode mengalami fluktuasi, hal ini disebabkan oleh naik-turunnya jumlah Aktiva Lancar, Hutang Lancar dan Kas. Fluktuasi ini pun terjadi pada laporan sumber dan penggunaan modal kerja yang disebabkan oleh besarnya perolehan dan penggunaan kas. Berdasarkan perbandingan laporan sumber dan penggunaan modal kerja, PT Bentoel Internasional Investama, Tbk memiliki modal kerja yang terbaik dibandingkan tiga perusahaan lainnya. Hal ini terlihat dari kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan modal kerjanya disaat perusahaan lain yang sejenis mengalami penurunan Sehingga perusahaan dapat membiayai seluruh kegiatan operasinya dengan baik. Sedangkan PT H.M Sampoerna, Tbk (HMS) memiliki kinerja modal kerja yang buruk dibandingkan tiga perusahaan lainnya yang menandakan bahwa telah terjadi inefficiency di dalam penggunaan modal kerja. Penulis juga mencoba memberikan saran agar dapat dikembangkan sehingga pengelolaan sumber dan penggunaan modal kerja perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya, misalnya: apabila terdapat jumlah modal kerja yang terlalu besar maka sebaiknya modal kerja tersebut digunakan untuk investasi yang bersifat tetap seperti investasi jangka panjang pada saham atau obligasi agar dapat memaksimalkan efektifitas modal kerja menjadi lebih baik karena modal kerja yang terlalu berlebih ataupun kurang, dirasakan kurang baik karena kekurangan modal kerja mengakibatkan terganggunya operasi perusahaan sedangkan kelebihan modal kerja akan menyebabkan adanya dana yang menganggur didalam perusahaan sehingga akan kehilangan suatu kesempatan yang dapat memaksimalkan laba perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5494
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.234Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.95Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.71Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.33Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.92Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.41Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 143.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 59.68Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 195.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.27Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record