PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk)
Author: Kartiwi
Abstract: Persyaratan yang wajib dilakukan sebagai tugas akhir seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada jenjang Stata Satu (S1) di Universitas Widyatama adalah menyusun sebuah skripsi. Dalam hal ini penulis mengambil judul: “Peranan Audit Internal Dalam Mengevaluasi Efektivitas Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Perusahaan. Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian langsung pada perusahaan PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk, yang beralamat di jalan Cimareme no. 131, Cimahi-Jawa Barat. Penelitian dilakukan selama enam bulan yaitu bulan Juni sampai dengan November 2006. Objek yang diteliti yaitu mengenai pelaksanaan audit internal, pengendalian internal persediaan barang dagang, dan peranan audit internal dalam mendorong efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang di PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi langsung dilapangan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data baik secara kualitatif ataupun kuantitatif, mengenai (1)apakah pengendalian internal persediaan barang dagang di PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk, telah berjalan efektif atau tidak; (2) Apakah pelaksanaan audit internal pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk telah memadai atau tidak; dan (3) apakah audit internal berperan atau tidak dalam mengevaluasi efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk. Hasil dari pengolahaan data yang diperoleh, yang diolah baik secara analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik menunjukan bahwa (1)pelaksanaan pengendalian internal persediaan barang dagang pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk, dinilai cukup efektif, hal ini dapat terlihat dari hasil perhitungan kuesioner yang menunjukan nilal persentase sebesar 74,4%. (2)Pelaksanaan audit pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk, dinilai memadai. Hal ini dapat dilihat hasil perhitungan kuesioner yang menunjukan nilai persentase sebesar 90,26%. (3) Audit internal pada PT. Ultrajaya Milk Ind Tbk berperan dalam mengevaluasi efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan kuesioner yang menunjukan nilai persentase sebesar 95%. Kesimpulan akhir yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa hipotesis yang diajukan, yaitu “Audit internal yang dilakukan secara memadai dapat berperan dalam mengevaluasi efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagang pada perusahaan”, dapat diterima. Untuk lebih meningkatkan mutu kinerja para karyawan maka disarankan agar perusahaan selalu mengkomunikasikan dan mensosialisasikan segala kebijakan dan peraturan yang ada di perusahaan baik secara lisan ataupun tulisan. Hal ini ditujukan untuk mengurangi risiko kesalahan dan perbuatan tidak etis yang dilakukan karyawan dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5493
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.63Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.13Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.26Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.86Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.31Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.49Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.70Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 49.33Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.96Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record