MANFAAT PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEWA KAMAR HOTEL (Survei Pada Beberapa Hotel Bintang di Garut)

Widyatama Repository

MANFAAT PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEWA KAMAR HOTEL (Survei Pada Beberapa Hotel Bintang di Garut)

Show full item record

Title: MANFAAT PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEWA KAMAR HOTEL (Survei Pada Beberapa Hotel Bintang di Garut)
Author: Tasdiq, Jamaludin
Abstract: Hotel merupakan jenis industri yang kompleks karena didalam aktivitasnya meliputi pemberian jasa dan perdagangan. Titik berat aktivitas perhotelan adalah penjualan sewa kamar yang merupakan sumber penghasilan utama hotel. Apabila ada pengelolaan sewa kamar yang kurang baik, secara langsung akan mempengaruhi penjualan perusahaan. Pengelolaan sewa kamar yang kurang baik, misalnya harga sewa kamar yang tidak sesuai dengan fasilitas yang tersedia sehingga menimbulkan ketidakpuasan pada konsumen dan lain-lain. Sehingga dampak jangka panjangnya dapat mengurangi laba dan citra perusahaan. Kondisi semacam ini memaksa perusahaan untuk menggunakan suatu alat bantu yang dipakai pihak manajemen berupa audit operasional untuk mengatur dan mengendalikan kegiatan sewa kamar hotel. Tujuan dari pelaksanaan audit operasional terhadap kegiatan pengelolaan penyewaan adalah untuk menilai kebijakan-kebijakan, dan prosedur-prosedur dalam mempengaruhi peningkatan penjualan penyewaan kamar hotel. Penelitian ini dilakukan pada beberapa hotel bintang yang ada di Garut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian pelaksanaan audit operasional dalam meningkatkan penjualan sewa kamar hotel pada beberapa hotel bintang yang ada di Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan perusahaan secara sistematis, aktual, dan akurat dengan cara mengumpulkan data berdasarkan fakta yang nampak dalam perusahaan, dimana fakta tersebut dikumpulkan, diolah, dan dianalisis, sehingga dapat memberikan saran-saran untuk masa yang akan datang. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner bahwa pelaksanaan audit operasional pada beberapa hotel yang penulis teliti bermanfaat dalam menunjang pengelolaan penjualan sewa kamar. Penulis mengemukakan ini atas dasar penelitian, karena sangat membantu managemen perusahaan dalam mencapai tujuan serta mengarahkan dan mengendalikan kegiatan tingkat hunian kamar pada beberapa hotel bintang yang ada di Garut. Disamping itu audit operasional juga bermanfaat untuk memperoleh temuan-temuan, baik berupa kebaikan atau kelemahan dalam perusahaan. Apabila ditemukan kelemahan, maka auditor segera memberikan rekomendasi yang memuat solusi guna tercapainya kondisi yang lebih baik dimasa yang akan datang. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti berkesimpulan bahwa pelaksanaan audit operasional bermanfaat dalam meningkatkan penjualan sewa kamar hotel.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5490
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.01Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.58Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.21Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.90Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.78Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 77.98Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 43.15Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 147.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.12Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record