ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DIMASA YANG AKAN DATANG ( Survei pada Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta )

Widyatama Repository

ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DIMASA YANG AKAN DATANG ( Survei pada Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta )

Show full item record

Title: ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DIMASA YANG AKAN DATANG ( Survei pada Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta )
Author: Irmayani
Abstract: Sejalan dengan berkembangnya tatanan perekonomian di dunia dan dimulainya era perdagangan bebas pada tahun 2003 ini, perusahaan-perusahaan akan semakin terdorong untuk meningkatkan daya saing mereka dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada dalam setiap perusahaan. Perusahaanperusahaan tersebut akan bersaing dengan semangat ketat. Dalam persaingan tersebut akan terjadi seleksi yang sangat ketat. Dimana setiap perusahaan akan dituntut dengan mengelola perusahaan sebaik mungkin. Beberapa temuan empiris menunjukkan bahwa rasio keuangan dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan, keuntungan saham dan pertumbuhan laba. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis bermaksud melakukan penelitian dalam penyusunan skripsi yang berjudul: “Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksikan Pertumbuhan Laba Dimasa Yang Akan Datang”. Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptitif analitis. Objek penelitian ini adalah analisis rasio keuangan pada perusahaan industri manufaktur dalam memprediksi pertumbuhan laba untuk periode satu tahun yang akan datang. Penelitian ini di lakukan pada tiga puluh (30) perusahaan industri manufaktur yang telah go publik dan terdaftar di bursa efek Jakarta. Dari hasil pengolahan Regresi berganda diketahui koefisien determinasi R2 = 0.697 artinya bahwa 69.7 % pertumbuhan laba dapat dijelaskan oleh variable rasio keuangan yang terdiri atas : Current Ratio, Quick Ratio, Inventory Turnover Ratio, Total Assets Turnover, Debt to Equity Ratio, Debt Ratio, Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Investment, Return on Equity, Price/Earning Ratio. Sedangkan sisanya (100 % - 69.7 % = 30.3) dijelaskan oleh faktor-faktor lain, misalnya tingkat inflasi, suku bunga kredit, kurs rupiah terhadap dolar, dan pertumbuhan ekonomi. Hasil analisis data menunjukan bahwa pertumbuhan rasio keuangan sebagian besar tidak ada yang signifikan mempengaruhi pertumbuhan laba, karena tingkat signifikan masing-masing variable bebas tersebut lebih besar dari 0.05.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5489
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.09Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.51Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.08Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.11Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.02Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.50Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record