PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Trisula Texstile Industries)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Trisula Texstile Industries)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi kasus pada PT. Trisula Texstile Industries)
Author: Prayoga, Imam
Abstract: Memasuki era gobalisasi dan perdagangan bebas, persaingan usaha semakin kompleks dan ketat. Keunggulan daya saing (competitive advantage) mengakibatkan perusahaan-perusahaan harus mangambil keputusan yang tepat untuk memungkinkan kelangsungan dan pertumbuhan usaha perusahaan tersebut. Pimpinan memerlukan suatu peranan yang dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk mengawasi dan mengendalikan kegiatan perusahaan. Peranan tersebut adalah audit operasional yang membantu manajemen dalam mengawasi dan menilai kegiatan perusahaan apakah telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan berjalan dengan efektif dan efisien. Apabila dalam audit ditemukan hal-hal ynag menyimpang dari standar, auditor akan melaporkan temuan-temuan tersebut kepada manajemen dan memberikan rekomendasi serta saran untuk tindakan perbaikan sehingga masalah yang terjadi dapat segera diatasi dan dapat dihindari di masa yang akan datang. Dalam skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT. Trisula Tekstile Industries yang berlokasi di Jl. Leuwigajah No. 170. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tekstil, adapun yang menjadi objek penelitian adalah peranan audit operasional dalam mendukung efektivitas proses produksi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dimana teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kasus yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan melalui kuesioner, observasi, wawancara. Data dan informasi tersebut dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan audit operasional di perusahaan tersebut telah memadai sehingga dapat meningkatkan efektivitas proses produksi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menarik kesimpulan secara keseluruhan berdasarkan analisis statistik bahwa pelaksanaan audit operasional di PT. Trisula Tekstile Industries telah memadai sebesar 76% dan berperan dalam mendukung efektivitas proses produksi sebesar 85%. Audit operasional dilaksanakan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) yang didukung dengan kualifikasinya meliputi independensi dan kompetensi sebesar 79,17%, dilaksanakannya tahap-tahap audit operasional yang terdiri dari tahap pendahuluan sebesar 71,87%, tahap audit mendalam sebesar 87,5%, tahap pelaporan sebesar 91,66%, dan tahap tindak lanjut sebesar 75%. Dari audit oprasional dan analisis yang dilakukan penulis, aktivitas proses produksi pada tahun 2002 dan 2003 sudah efektif. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan oleh penulis yaitu audit operasional yang dilaksanakan secara memadai berperan dalam mendukung efektivitas proses produksi. Adapun kekurangan yang terlihat adalah pada masalah tidak adanya struktur organisasi audit internal yang jelas, serta adanya rangkapan jabatan dari auditor internal. Penulis menyarankan agar perusahaan membentuk Satuan Pengawas Internal (SPI) tersendiri dan auditor internal menjalankan fungsinya sebagai auditor internal saja, artinya tidak merangkap jabatan lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5488
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.26Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.80Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.68Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.69Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.50Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.21Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 86.98Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 35.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.09Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record