ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERBASIS PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PIUTANG (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk)

Widyatama Repository

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERBASIS PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PIUTANG (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk)

Show full item record

Title: ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERBASIS PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PIUTANG (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk)
Author: Artana, I Nengah Yudik
Abstract: Semakin berkembang perusahaan akan semakin sulit dan komplek dalam melakukan aktivitasnya, termasuk dalam mengolah data penjualan dengan sistem kredit. Karena dengan volume data yang banyak dan waktu yang tidak bersamaan, akan memerlukan ketelitian untuk mengolahnya. Oleh karena itu diperlukan adanya sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) sebagai alat bantu yang efektif sehingga data penjualan dengan sistem kredit dapat diolah dalam waktu yang relatif singkat, bahkan kesalahan dan pengendalian terhadap piutang dapat dikurangi. Ditambah dengan adanya komputer sebagai alat bantu dalam mengolah data penjualan dengan sistem kredit diharapkan akan semakin menunjang efektivitas pengendalian internal terhadap piutang di dalam perusahaan. PT. Ultrajaya Milk Industri Trading & Compani, Tbk yang menjadi objek penelitian penulis adalah perusahaan dagang yang berlokasi di jalan Cimareme no. 131, Padalarang, Bandung. Perusahaan ini telah menggunakan sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) dalam mengolah data-data penjualan dengan sistem kredit terhadap efektivitas pengendalian piutang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh hubungan atau korelasi dan manfaat yang diperoleh dengan digunakannya sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) terhadap pengendalian piutang. Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengemukakan dan membahas hubungan atau korelasi dari analisis sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) terhadap efektivitas pengendalian piutang. Penelitian yang dilakukan berupa studi kasus, teknik pengamatan, dan wawancara. Selain itu penulis juga melakukan pengujian hipotesis dengan membandingkan teori yang ada dengan kenyataan di lapangan dan melakukan pembagian kuesioner kepada beberapa karyawan yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil jawaban responden terhadap kuesioner untuk variabel independen yaitu analisis sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) adalah 4,38% dan untuk variabel dependen yaitu efektivitas pengendalian piutang adalah 4,67% dengan interval penilaian 5,00. Berdasarkan metodologi penelitian dan hasil penelitian serta pembahasan, kesimpulan penulis adalah sistem informasi akuntansi penjualan berbasis pengolahan data elektronik (EDP) yang dianalisis secara wajar memiliki korelasi atau hubungan yang sangat erat terhadap efektivitas pengendalian piutang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5487
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.41Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.35Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.41Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.16Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.53Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.73Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 140.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.97Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 263.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record