ANALISIS LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Food and Beverage yang go public yangTerdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Food and Beverage yang go public yangTerdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Perusahaan Food and Beverage yang go public yangTerdaftar di BEJ)
Author: Hendrayansyah
Abstract: Dengan berkembangnya dunia usaha yang sangat cepat di masa sekarang, banyak terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan sejenis. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kekayaan, kewajiban, dan modal yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis laporan arus kas perusahaan, mengetahui tingkat likuiditas perusahaan serta untuk mengetahui hasil analisis laporan arus terhadap tingkat likuiditas perusahaan. Pembahasan hasil penelitian menggunakan metode deskriptif analitis yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan menguraikan terlebih dahulu data yang ada kemudian dianalisis serta dibandingkan dengan teori yang ada dan diinterpretasikan penerapannya, sehingga dapat memberikan informasi bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Dengan jenis penelitian studi survei yang diperoleh data dari perusahan food and beverage yang telah go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) untuk periode tahun 2002-2004. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa perbandingan laporan keuangan dan rasio likuiditas. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah kondisi likuiditas selama tiga periode mengalami fluktuasi, hal ini disebabkan oleh naik-turunnya jumlah Aktiva Lancar, Hutang Lancar dan Kas. Fluktuasi ini pun terjadi pada Laporan arus kas yang disebabkan oleh besarnya perolehan dan penggunaan kas. Berdasarkan perbandingan laporan arus kas pada tingkat likuiditas, PT Mayora Indah Tbk memiliki tingkat likuiditas yang terbaik dibandingkan empat perusahaan lainnya. Hal ini terlihat dari kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban pada setiap tahunnya dibandingkan perusahaan lainnya. Sehingga perusahaan dapat membiayai seluruh kegiatan operasinya dengan baik. Sedangkan PT Sekar Laut Tbk memiliki jumlah kas yang terkecil dibandingkan empat perusahaan lainnya yang menandakan bahwa telah terjadi inefficiency di dalam penggunaan kas sehingga dapat menyebabkan defisit bahkan perusahaan tidak mampu membayar kewajibannya. Secara keseluruhan pada perusahaan food and beverage arus kas bersih dari aktivitas operasi yang paling tinggi dimiliki oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang memiliki arus kas bersih diatas satu trilyun, dan yang memiliki tingkat likuiditas yang paling tinggi PT Mayora Indah Tbk diatas 500%. Jumlah kas yang yang besar mencerminkan perusahaan kurang efektif dalam mengelola kas, jumlah kas yang relatif kecil akan diperoleh tingkat perputaran kas yang tinggi dan keuntungan yang diperoleh akan lebih besar, tetapi perusahaan hanya mengejar keuntungan tanpa memperhatikan likuiditas akhirnya perusahaan akan dalam keadaan illikuid apabila sewaktu-waktu ada tagihan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5486
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.02Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 29.43Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.89Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.34Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.04Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.46Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.44Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 43.80Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.01Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.66Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record