HUBUNGAN BEBERAPA RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN HARGA SAHAM PASAR SEKUNDER (Survey perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

HUBUNGAN BEBERAPA RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN HARGA SAHAM PASAR SEKUNDER (Survey perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: HUBUNGAN BEBERAPA RASIO KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN HARGA SAHAM PASAR SEKUNDER (Survey perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta)
Author: Arosa, Felia Syarif
Abstract: Menghadapi situasi perekonomian dan politik di Negara kita yang masih tidak menentu, para investor harus tetap berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih sahamsaham yang akan dibeli di pasar modal. Kriteria umum yang digunakan adalah saham tersebut aktif diperdagangkan dan fundamentalnya bagus. Untuk memproyeksikan harga saham selain dengan melihat laporan keuangan perusahaan, juga analisis rasio keuangan perusahaan. Dari sudut pandang investor, salah satu indikator penting untuk menilai prospek perusahaan di masa yang akan datang adalah dengan melihat sejauh mana pertumbuhan profitabilitas perusahaan. Indikator ini sangat penting diperhatikan untuk mengetahui sejauh mana inveatsai yang akan dilakukan oleh investor di suatu perusahaan mampu memberikan return yang sesuai dengan tingkat yang diinginkan investor. Untuk itu perlu diteliti bagaimanakan hubungan beberapa rasio keuangan khususnya perbankan dengan harga saham pasar sekunder. Sebelumnya dirumuskan hipotesis: ada hubungan yang signifikan antara beberapa rasio keuangan dengan harga saham pasar sekunder. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, statistik uji-F untuk menguji secara bersama-sama, statistic uji-t untuk menguji hubungan dari masing-masing variable terhadap harga saham, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa rasio keuangan berhubungan dengan harga saham pasar sekunder dengan kontribusi sebesar 88% dan rasio yang paling siginifikan adalah EPS dengan kontribusi sebesar 84.42%. Dari pengujian hipotesis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa beberapa rasio keuangan berhubungan dengan harga saham pasar sekunder, dan rasio yang paling signifikan atau dominan adalah rasio Earning per Share (EPS).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5483
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.888Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.31Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.30Kb PDF View/Open
Daftar Gambar dan Grafik.pdf 22.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.87Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 129.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 97.43Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 169.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record