PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI PENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT Matahari Sentosa Jaya)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI PENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT Matahari Sentosa Jaya)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI PENDORONG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU (Studi Kasus pada PT Matahari Sentosa Jaya)
Author: Iskandar, Christine
Abstract: Kegiatan pembelian bahan baku dalam suatu perusahaan industri merupakan salah satu hal penting, terutama pada proses pembuatan produk. Untuk menghindari terjadinya penyimpangan atau penggelapan, maka diperlukan audit internal yang merupakan salah satu unsur yang harus ada dalam pengendalian internal yang memadai. Audit internal juga dimaksudkan untuk memberikan informasi yang objektif bagi manajemen dalam mengambil keputusan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan audit internal atas pembelian bahan baku, dan bagaimana efektivitas pelaksanaan pengendalian internal pembelian bahan baku, serta bagaimana peran audit internal sebagai pendorong efektivitas pengendalian internal pembelian bahan baku bagi perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT Matahari Sentosa Jaya, yaitu perusahaan yang menghasilkan kaos kaki. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyusun, menganalisa dan menginterpretasikan data, sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner serta studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis uraikan dapat diambil simpulan bahwa pengendalian internal pembelian bahan baku telah dilaksanakan secara efektif, audit internal pada PT Matahari Sentosa Jaya telah terlaksana dengan baik atau efektif, dan berdasarkan dari hasil jawaban kuesioner yang telah diedarkan secara keseluruhan yaitu sebesar 81,75% dapat dinyatakan bahwa audit internal sangat berperan sebagai pendorong dalam efektivitas pengendalian pembelian bahan baku. Dengan demikian penulis menyarankan agar PT Matahari Sentosa Jaya tetap mempertahankan pelaksanaan audit internal di perusahaan, karena dapat menunjang efektivitas pengendalian pembelian bahan baku selain itu sebaiknya PT Matahari Sentosa Jaya dapat mengikutsertakan karyawannya terutama para auditor internal dalam seminar maupun pelatihan mengenai audit internal guna menambah pengetahuan di bidang audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5479
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 193.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 99.51Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 76.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 108.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 72.78Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 72.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 73.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 165.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 228.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 174.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 211.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 127.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 75.67Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record