HUBUNGAN ANTARA REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL (Studi Survei atas Persepsi Auditor Internal pada lima BUMN Persero di Kota Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN ANTARA REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL (Studi Survei atas Persepsi Auditor Internal pada lima BUMN Persero di Kota Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN ANTARA REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL (Studi Survei atas Persepsi Auditor Internal pada lima BUMN Persero di Kota Bandung)
Author: Luhur. P, Anom Yekti
Abstract: Redefinisi audit internal yang disahkan oleh Institute of Internal Auditor (IIA) pada tahun 1999 memberikan pengertian audit internal yang lebih luas dimana auditor internal memliki peran penting bersamaan dengan cakupan yang lebih luas dari pelaksanaan audit internal. Standar Profesi Auditor Internal merupakan hal yang mengikat auditor internal dalam pelaksanaan audit internal. Profesi auditor internal memiliki Standar Profesi yang dipakai sebagai patokan dalam pelaksanaan tugas auditor internal yang dilakukan agar tujuan audit internal tercapai. Dalam pencapaian tujuannya, audit internal haruslah menunjukkan kinerja yang baik sesuai dengan Standar Profesi Auditor Intenal. Karena standar profesi memberikan gambaran dengan jelas mengenai penugasan yang dilakukannya dan tujuan yang ingin dicapai melalui audit internal yang dilakukan. Berdasarkan pemikiran di atas penulis melakukan survei pada lima perusahaan BUMN Persero di kota Bandung dan hasil penelitiannya dituangkan dalam skripsi dengan judul “HUBUNGAN ANTARA REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL”. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 auditor internal yang bekerja pada BUMN Persero yang bergerak diberbagai sektor usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman auditor internal atas redefinisi audit internal dan hubungannya dengan kepatuhan auditor internal atas Standar Profesi Auditor Intenal. Redefinisi tersebut diharapkan mampu mempengaruhi kinerja perusahaan umumnya dan juga mempengaruhi kinerja audit internal khususnya, yang tercermin melalui kepatuhan auditor internal atas Standar Profesi Auditor Internal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asositif. Metode ini bertujuan untuk mencari hubungan antar fenomena yang diselidiki secara terperinci untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang, didukung dengan studi literatur atau studi kepustakaan untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan Rank Spearman n = 25 dengan tingkat signifikansi 0,05. Dari penelitian, dapat diketahui bahwa auditor internal BUMN Persero yang diteliti telah memahami redefinisi audit internal dan mematuhi Standar Profesi Auditor Intenal dengan mayoritas responden masing-masing 91,60% dan 87,68% telah memberikan jawaban sangat setuju dan setuju. Dari hasil analisis dan perhitungan dengan menggunakan korelasi Rank Spearman diperoleh rs = 0,805, yang berarti bahwa redefinisi audit internal mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepatuhan auditor atas Standar Profesi Auditor Intenal. Maka terbukti bahwa redefinisi audit internal berhubungan secara signifikan terhadap kepatuhan auditor internal atas Standar Profesi Auditor Internal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5477
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 84.63Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 85.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 47.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 64.12Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.19Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 55.30Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 36.33Kb PDF View/Open
Daftar Diagram.pdf 39.53Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 39.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 94.83Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 134.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 227.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.02Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record