PENGARUH PERBEDAAN ANTARA METODE PENGHAPUSAN PIUTANG MENURUT AKUNTANSI DENGAN FISKAL TERHADAP LABA KENA PAJAK (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH PERBEDAAN ANTARA METODE PENGHAPUSAN PIUTANG MENURUT AKUNTANSI DENGAN FISKAL TERHADAP LABA KENA PAJAK (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH PERBEDAAN ANTARA METODE PENGHAPUSAN PIUTANG MENURUT AKUNTANSI DENGAN FISKAL TERHADAP LABA KENA PAJAK (Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk)
Author: Satria, Aditiawan
Abstract: Penelitian ini menelaah dan menganalisis pengaruh perbedaan antara metode penghapusan piutang menurut fiskal dengan akuntansi terhadap laba kena pajak. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh perbedaan antara metode penghapusan piutang menurut akuntansi dengan fiskal terhadap laba kena pajak. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya berdasarkan apa yang nampak yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengumpulkan, menyusun, menganalisis, dan menginterpretasikan data sehingga dapat ditarik kesimpulan dan metode historis yaitu metode berdasarkan data historis yang ada pada perusahaan yang dilakukan dengan cara membaca arsip-arsip yang terdapat dalam data perusahaan yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan dan laporan tahunan dari tahun 2001 sampai dengan 2005. Untuk mencapai tujuan penelitian maka penulis menggunakan metode perhitungan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan antara metode penghapusan piutang menurut akuntansi dengan fiskal tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laba kena pajak dengan t hitung < t tabel (1,1368 < 3,1825), dan pengaruh perbedaan antara metode penghapusan piutang menurut akuntansi dengan fiskal terhadap laba kena pajak sebesar 30,11 % sedangkan sisanya sebesar 69,89% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk para peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis faktor-faktor lain selain perbedaan antara metode penghapusan piutang menurut akuntansi dengan fiskal untuk mengetahui pengaruhnya terhadap laba kena pajak dan sebaiknya menggunakan data historis yang lebih banyak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5475
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 79.50Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 188.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 202.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 221.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 79.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record