STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PADA PUSAT BIAYA (Studi kasus pada PT. Inti Bintang Mas Perkasa)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PADA PUSAT BIAYA (Studi kasus pada PT. Inti Bintang Mas Perkasa)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PADA PUSAT BIAYA (Studi kasus pada PT. Inti Bintang Mas Perkasa)
Author: Widiastuti, Triyana
Abstract: Perkembangan perekonomian di Indonesia yang sangat pesat mengakibatkan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan oleh karena itu banyak perusahaan berjuang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Untuk itu, perusahaan dituntut harus mampu memperoleh dan mengelola sumbersumber daya ekonomi yang dimiliki secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah pengendalian terhadap pusat biaya yang merupakan komponen biaya terbesar yang dikeluarkan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Maka diperlukan suatu alat bagi manajemen untuk pengendalian pada pusat biaya. Alat bantu itu adalah Akuntansi pertanggungjawaban yang menghasilkan informasi Akuntansi pertanggungjawaban yang relevan sebagai alat pengendalian pada pusat biaya.. Penulis melakukan penelitian pada PT. Inti Bintang Mas Perkasa yang berlokasi di jalan Plumbon No.25 Cirebon. Objek penelitiannya adalah Studi penerapan Akuntansi petanggunjawaban sebagai alat pengendalian pada pusat biaya. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan September sampai Mei 2006. Metode peneltian yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus. Sedangkan untuk memperoleh data, dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan untuk mendapatkan teori-teori yang dapat mendukung hasil yang diperoleh dari penelitian lapangan. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban menghasilkan informasi akuntansi pertanggungjawaban yang dapat digunakan sebagai alat pengendalian pada pusat biaya. PT. Inti Bintang Mas Perkasa telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban, hal ini dilihat dari: o Perusahaan telah memiliki struktur organisasi yang secara jelas menetapkan wewenang dan tanggung jawab. o Adanya penyusunan kode rekening. o Adanya penyusunan anggaran oleh tiap bagian. o Adanya pemisahan biaya terkendali dan biaya tak terkendali. o Adanya identifikasi pusat-pusat pertanggungjawaban. o Standar telah ditetapkan sebagai tolak ukur kinerja manajer. o Kinerja manajer diukur dengan membandingkan realisasi dan anggaran. o Manajer diberi penghargaan atau hukuman. Kesimpulan yang diperoleh penulis dalam penelitian pada PT. Inti Bintang Mas Perkasa adalah bahwa perusahaan telah menerapkan Akuntansi pertanggungjawaban secara memadai oleh karena itu, penulis mencoba memberikan saran-saran yang diharapkan dapat dijadikan bahan masukan bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5472
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.44Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.81Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.99Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.55Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.85Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.29Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.18Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.30Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.25Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record