PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFEKTIVITASKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada The Cellar Cafe Wine & Dine)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFEKTIVITASKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada The Cellar Cafe Wine & Dine)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFEKTIVITASKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN (Studi Kasus pada The Cellar Cafe Wine & Dine)
Author: Augustian, Rizki
Abstract: Bidang usaha café atau coffee shop merupakan bagian dari usaha kepariwisataan yang menyediakan makanan dan minuman, serta pelayanan-pelayanan pendukung lainnya yang dikelola secara komersial. Persediaan bahan baku merupakan salah satu unsur yang penting dalam operasional perusahaan. Lancar tidaknya operasional perusahaan sangat dipengaruhi tepat tidaknya pengelolaan persediaan bahan baku, disamping itu, dengan adanya pengelolaan persediaan bahan baku yang efektif akan menghemat biaya penyelenggaraan persediaan bahan baku sehingga harga jual produk dapat lebih bersaing dengan barang-barang yang sejenis di pasaran. Begitu pula dengan penjualan, sumber utama penerimaan adalah berasal dari aktivitas penjualan. Usaha perusahaan dalam menunjang kelancaran penerimaan hasil penjualan dapat dilakukan dengan menetapkan target hasil penjualan yang diharapkan jika target penjualan tercapai, secara otomatis akan meningkatkan penerimaan perusahaan. Sistem pengolahan data elektronik merupakan salah satu bentuk teknologi yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang timbul dengan mengolah data secara elektronik dan menyajikan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih akurat. Penerapan sistem pengolahan data elektronik serta kemampuan menguasainya, pengelolaan persediaan bahan baku dapat dikelola secara efektif. Hasil penelitian yang penulis lakukan, Pelaksanaan sistem informasi akuntansi persediaan yang diterapkan perusahaan, telah memadai, hal ini didukung oleh sumber daya manusia, alat, catatan, formulir, prosedur, laporan. Sistem informasi akuntansi persediaan bermanfaat dalam mengefektifkan pengendalian internal penjualan, hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya unsur sistem informasi akuntansi penjualan, yaitu lingkungan pengendalian, integritas dan nilai etika, komitmen terhadap kompetensi, falsafah manajemen dan gaya operasi, partisipasi dewan komisaris, wewenang dan tanggung jawab, kebijakan dan prosedur kepegawaian, penetapan resiko.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5468
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.32Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 88.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 81.63Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 89.50Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 103.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 95.33Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 80.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 79.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 128.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 358.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 232.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.240Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 90.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 92.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record