PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus di Perempatan Jl. Soekarno Hatta Buah – Batu)

Widyatama Repository

PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus di Perempatan Jl. Soekarno Hatta Buah – Batu)

Show full item record

Title: PENENTUAN WAKTU OPTIMAL NYALA PENGATUR LAMPU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus di Perempatan Jl. Soekarno Hatta Buah – Batu)
Author: Iriani, Yani; Larasati, Syifa Fitriasari
Abstract: Faktor utama yang mempengaruhi pengaturan lampu lalu lintas khususnya pada perempatan Jalan Soekarno Hatta – Buah Batu adalah besarnya volume kendaraan pada perempatan tersebut. Semakin padat kendaraan yang melewatinya, maka semakin panjang antrian kendaraan yang lewat. Hal ini dibutuhkan waktu nyala lampu lalu lintas yang optimal sehingga volume kendaraan pada perempatan tersebut dapat berkurang atau bahkan seluruhnya dapat melintas. Penyebab lain dari kemacetan adalah tidak sesuainya penentuan waktu lampu hijau dengan jumlah kedatangan kendaraan yang berada di ruas jalan tersebut. Jumlah kedatangan kendaraan yang lebih banyak dibandingkan waktu lampu hijau yang sedikit akan mengakibatkan kemacetan yang sangat panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah penentuan waktu nyala lampu lalulintas yang optimal pada perempatan Jalan Soekarno Hatta – Buah Batu, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan simulasi Promodel 6.0, kemudian dilakukan analisis perbandingan antara model awal dan model yang telah diperbaharui, dan dijadikan sebagai masukan untuk mengontrol waktu nyala lampu lalu lintas. Berdasarkan hasil simulasi dengan menggunakan tiga skenario, diperoleh hasil perbaikan yang optimal pada skenario dua. Durasi penyalaan lampu merah dan lampu hijau yang diusulkan dalam penelitian ini telah menyebabkan terjadinya perbaikan panjang antrian pada masing- masing ruas jalan dengan ratarata 40%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5463
Date: 2014-11-22


Files in this item

Files Size Format View
cover prosiding industri.jpg 1.820Mb JPEG image View/Open
COVER DALAM.pdf 268.4Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 320.7Kb PDF View/Open
HAK CIPTA.pdf 60.48Kb PDF View/Open
KATA PENGANTAR.pdf 117.1Kb PDF View/Open
ORGANISASI PENYELENGGARA.pdf 66.22Kb PDF View/Open
SAMBUTAN DEKAN.pdf 115.9Kb PDF View/Open
CONTENT YANI IRIANI.pdf 695.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record