PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI LINGKUNGAN KERJA AUDITOR TERHADAP PILIHAN KARIRNYA SEBAGAI AUDITOR (Studi survei pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi S-1Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI LINGKUNGAN KERJA AUDITOR TERHADAP PILIHAN KARIRNYA SEBAGAI AUDITOR (Studi survei pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi S-1Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI LINGKUNGAN KERJA AUDITOR TERHADAP PILIHAN KARIRNYA SEBAGAI AUDITOR (Studi survei pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi S-1Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung)
Author: Nugroho, R. Adhityo
Abstract: Objek dari penelitian ini yaitu pengaruh persepsi mahasiswa akuntansi mengenai lingkungan kerja auditor terhadap pilihan karirnya sebagai auditor di Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa akuntansi mengenai lingkungan kerja auditor terhadap pilihan karirnya sebagai auditor. Indikator variable lingkungan kerja auditor yang digunakan mengacu pada instrumen yang dikembangkan oleh De Zoort et al. Penulis mengambil suatu judul, yaitu: “Pengaruh Persepsi Mahasiwa Akuntansi di Universitas Widyatama Mengenai Lingkungan Kerja Auditor terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yaitu metode deskriptif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data berupa penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada Mahasiwa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Program S-1 reguler angkatan 2000-2002 pada bulan Juni 2006. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literature-literatur yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Kemudian untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistik Non-Parametrix dengan teknik koefisien kontingensi (C) yang berkaitan erat dengan teknik Chi Kuadrat (x2). Secara keseluruhan 72% Mahasiswa Akuntansi program S-1 reguler Fakulatas Ekonomi Universitas Widyatama angkatan 2000, 2001, dan 2002 memiliki persepsi yang positif mengenai lingkungan kerja auditor, yang mencakup indikator-indikator job duties dan responsibilities, advancement, training dan supervision, serta personal concern. Dan sebanyak 64% Mahasiswa Akuntansi program S-1 reguler Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama angkatan 2000, 2001 dan 2002 memilih profesi auditor sebagai karirnya setelah lulus nanti dan sisanya yaitu sebesar 36% memilih karir non-auditor. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi mengenai lingkungan kerja auditor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan karirnya sebagai auditor. Disamping itu, diketahui pula bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara pilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai auditor dengan persepsinya mengenai lingkungan kerja auditor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persepsi Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi di Universitas Widyatama mengenai lingkungan kerja auditor sangat berperan dalam proses pengambilan keputusan karirnya sebagai auditor.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5462
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.03Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.99Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.45Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.41Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 30.42Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.02Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 75.20Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.57Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record