ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN AKTIVITAS OPERASIONAL DALAM LAPORAN ARUS KAS (Studi Survei pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN AKTIVITAS OPERASIONAL DALAM LAPORAN ARUS KAS (Studi Survei pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PROFITABILITAS PERUSAHAAN DENGAN AKTIVITAS OPERASIONAL DALAM LAPORAN ARUS KAS (Studi Survei pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEJ)
Author: Mariani, Lusi
Abstract: Profitabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu. Salah satu teknik untuk menentukan profitabilitas perusahaan adalah Return on Asset (ROA). ROA digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. Informasi arus kas diperoleh dari laporan arus kas. Laporan arus kas terdiri dari 3 aktivitas, yaitu aktivitas operasional, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan. Dalam aktivitas operasional memberikan informasi tentang kas bersih yang masuk maupun keluar sebagai akibat transaksi operasional perusahaan sehari-hari. Dari laporan arus kas dapat diketahui pertumbuhan kas yang terjadi pada perusahaan khususnya yang terjadi pada aktivitas operasional. Dalam skripsi ini, penulis meneliti seberapa besar kekuatan hubungan antara kualitas profitabilitas perusahaan dengan aktivitas operasional pada laporan arus kas. Pengukuran profitabilitas dalam skripsi ini menggunakan Return on Asset (ROA). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah studi survei pada perusahaan-perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta(BEJ). Data-data diambil dari laporan keuangan khususnya neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas dari periode 2003 sampai dengan periode 2004. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil pengujian menunjukkan nilai korelasi sebesar -0,127 dan nilai t hitung sebesar –0,362. Dengan menggunakan uji dua ekor dan tingkat signifikansi sebesar 0,05 dengan degree of freedom (df = n – 2) ternyata t tabel sebesar 2,306. Nilai t hitung berada pada di daerah penerimaan Ho atau Ha ditolak. Dari hasil pengujian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas profitabilitas perusahaan dengan aktivitas operasional pada laporan arus kas perusahaan-perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEJ dari periode 2003 sampai dengan periode 2004.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5461
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.56Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.61Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 24.83Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.68Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.84Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 92.79Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 44.33Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 58.21Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 24.70Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record