PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN LABA TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (TRADING VOLUME ACTIVITY, TVA) (Penelitian Pada Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN LABA TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (TRADING VOLUME ACTIVITY, TVA) (Penelitian Pada Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN LABA TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM (TRADING VOLUME ACTIVITY, TVA) (Penelitian Pada Saham LQ45 Bursa Efek Indonesia)
Author: Adittiaguna, Kiki
Abstract: Pentingnya informasi laba yang terkandung dalam laporan keuangan dan adanya perbedaan kepentingan antara manajemen sebagai pihak yang menerbitkan informasi dengan pihak-pihak pemakai laporan keuangan dapat mendorong manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba. Tujuan dari studi ini adalah untuk menguji reaksi investor dengan menggunakan volume perdagangan saham sebagai indikator pada saat pengumuman laba akibat manajemen laba. Penelitian dilakukan terhadap 15 perusahaan LQ45 pada tahun 2008. Manajemen laba diukur dengan menggunakan Discretionary Accruals sebagai indikator dengan menggunakan Modified Jones Model. Sedangkan volume perdagangan saham diukur dengan Relative Trading Volume Activity. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier sederhana, pada tingkat signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa praktik manajemen laba tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume perdagangan saham dengan nilai koefisien korelasi dan determinasi masing-masing 0.212 dan 4.5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa selain faktor laba besarnya volume perdagangan saham dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, misalnya: kondisi objektif dan kondisi subjektif investor, kurangnya informasi yang diperoleh oleh investor tersebut, susunan direksi, kebijakan pemerintah, kondisi perekonomian secara makro, dan lain-lain. Walaupun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume perdagangan saham, namun informasi yang disediakan dalam laporan keuangan perusahaan sebaiknya menjadi suatu bahan pertimbangan dalam hal pengambilan keputusan. Terlebih bagi investor yang berinvestasi dalam jangka panjang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5460
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.24Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 47.38Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 52.88Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 57.98Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.96Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 46.68Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 38.28Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 137.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 93.99Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record